Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Enak

Siapa yang sedang berada di pulau Jawa atau sedang berencana pergi ke pulau Jawa? Pulau jawa terkenal dengan luas dan berbagai makanan khasnya. Siapa yang tau makanan khas jawa? Bagi yang belum tau cek dulu yuk beberapa makanan yang terkenal di Jawa

Lontong Balap 


Hasil gambar untuk lontong balap

nama dari kuliner yang satu ini unik bukan? nah kenapa diberi nama lotong balap? karena pada jaman dahulu di jawa timur ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya keliling kota Surabaya dan biasanya pedagang ini jalannya lebih kencang, makanya diberi sebutan lotong balap, sampai saat ini lontong balap masih legendaris banget di Jawa timur guys.
Untuk ada yang belum tau lotong balap itu terdiri apa saja? nah lotong balap itu terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat.
Nasi pecel 
Hasil gambar untuk nasi pecel
Nasi pecel mungkin kuliner ini sudah terkenal di Indonesia, bahkan sampai mancanegara, nasi pecel ini adalah makanan khas jawa timur yang banyak ditemukan di surabaya, malang, dan jember. kuliner ini terdiri dari nasi dengan sayuran yang di beri lauk, lalu disiram bumbu kacang yang sedikit pedas, dan di nikmati bersama peyek, satu porsi nasi pecel ini memiliki rasa yang lezat sekali!!!
 Tahu Petis 
Hasil gambar untuk tahu petis
Tahu petis ini juga jajanan khas jawa tengah yang menjadi favorite bagi traveler… Tahu ini biasanya di goreng lalu di tambahkan sus hitam yaitu saus petis yang terdiri dari kuah rebusan udang dan ikan yang dimasak sampai kental, sehingga menciptakan 1 buah petis yang enak banget. tahu petis ini paling enak kalo di makan saat panas lalu di cocol dengan petisnya yang manis, asin, gurih, dan pastinya buat anda ketagihan 1 tahu petis saja gak cukup lo guys, jadi saat makan 1 mau 2 lagi heheh….nah gimana penasaran dengan rasa tahu petis? yuk buruan berburu tahu petis.
Lumpia Semarang 

Gambar terkait
Jajanan pasar yang satu ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. pasti kalian semua sudah tau donk lumpia itu terdiri dari apa saja, biasanya satu lumpia itu berisi ayam, telur, udang, sayuran dan akan lebih nikmat jika di makan saat panas-panas lalu di cocol ke saus atau di makan dengan cabe hijau yang segar, 1 lumpia ini pas banget untuk menemani anda saat siang, sore, ataupun malam hari di Jawa tengah, saat anda berada di Semarang wajib banget cobain kuliner yang satu ini, lumpia semarang emang juara!!! yuk buruan cobain…

Telur Asin

Hasil gambar untuk TELUR ASIN

Telur yang rasanya asin ya ini, telur asin. Makanan yang berasal dari telur bebek ini terkenal di daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakanya sama nasi, tapi ada juga yang dimakan langsung gitu aja nggak pakai nasi.

Gethun 

Hasil gambar untuk gethuk


Gethuk adalah makanan yang menggunakan bahan dasar singkong. Sebenarnya nggak cuma di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada gethuk goreng lho. Tapi kenyataanya makanan ini terkernalnya dari daerah Jawa Tengah.

Gethuk dulu warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam-macam warna agar lebih menarik. Selain itu ada juga gethuk uang digoreng lho, jadi rasanya nggak kalah sama gethuk biasa.
Brekecek

Hasil gambar untuk brekecek

Ada yang pernah denger nama makanan brekecek nggak? Ini merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah, tepatnya di daerah Cilacap.
Walaupun namanya agak aneh, tapi kalau udah nyicipin rasanyanya, mungkin kamu bakal ketagihan, atau paling nggak, lidahmu bakal dibikin bergoyang sama makanan brecek khas Jawa Tengah ini. Kalian suka yang mana?
THANK YOU

HAVE A NICE DAY

Komentar

  1. Good!! Makasih infonya kak. Terus berkarya y 😂😂😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Luar Negeri Yang Terkenal

Makanan Khas Lombok Yang Paling Menggoda Selera