Makanan Khas Sunda Bikin Ngiler

Nusantara memang memiliki keistimewaan yang berbeda dari yang lainnya, salah satunya makanan khas SundaSuku yang menempati bagian Barat pulau Jawa ini memiliki kuliner khas yang otentik, lezat, dan pasti akan membuatmu tergiur. Yuk, langsung aja kita lihat berbagai makanan khas Sunda yang bikin ngiler berikut!

Keredok 

Hasil gambar untuk keredok

Banyak yang salah mengira hidangan Karedok dengan Gado-Gado dan Lotek jika baru pertama kali melihat. Karedok adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Yang membedakan Karedok dengan kedua hidangan mirip lainnya adalah siraman bumbu kacang yang melimpah. Karedok juga dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang di atasnya.
Soto Mie 
Hasil gambar untuk soto mie
Soto Mie bukanlah merupakan nama masakan yang jarang terdengar. Kemanapun kotanya, Toppers tetap dapat menemukan Soto mie. Soto Mie sendiri adalah jenis masakan khas Sunda yang menyajikan mie dengan kuah kaldu yang kental.
Umumnya, Soto Mie menggunakan tambahan tauge dan kacang kedelai goreng untuk menambahkan sedikit rasa manis.
Sate Maranggi
Hasil gambar untuk sate maranggi
Makanan Sunda kali ini ketenarannya memang sudah mendunia. Sate Maranggi yang khas menggunakan daging sapi atau ayam ini sebenarnya mempunyai asal usul yang cukup menarik.
Awalnya, Sate Maranggi adalah makanan asing dari para pendatang China yang menetap di Indonesia. Daging yang awalnya digunakan pun adalah daging babi. Makanan ini juga mempunyai cita rasa yang sangat kuat akibat cara pemasakannya. Daging biasanya direndam di bumbu sebelum dibakar.
Ketupat Tahu 
Hasil gambar untuk ketupat tahu
Kupat Tahu dapat Toppers temukan dengan mudah di kota asalnya yakni Magelang, Suraparta, dan Singaparna. Dari segi visual, makanan tradisional khas Sunda ini sangat mirip dengan Tahu Gimbal dari kota Semarang.
Kupat dan tahu dipotong-potong dan disajikan dengan kol, tauge, dan seledri sebelum semuanya diguyur oleh bumbu kacang. Bumbu kacang yang digunakan juga mempunyai 2 varian yakni bumbu kacang halus dan bumbu dengan kacang yang sengaja digiling secara kasar.
Surabi
Hasil gambar untuk surabi
Surabi adalah semacam kue pancake yang sebagian besarnya menggunakan tepung beras dan santan. Kue tradisional Sunda ini sangat populer di kota Bandung. Awalnya, Surabi hanya disajikan dengan tambahan irisan kelapa, tapi sekarang sudah banyak yang mencampurkan Surabi dengan coklat, vanila, dan bahkan oncom.
Tahu Gejrot
Hasil gambar untuk tahu gejrot
Satu lagi tahu khas Sunda yang terkenal di kalangan masakan khas Sunda adalah Tahu Gejrot. Tahu Gejrot ini berasal dari Cirebon. Umumnya, Tahu Gejrot dimakan dengan kuah pedas.
Berbeda dari Tahu Sumedang yang isinya penuh, Tahu Gejrot mempunyai isi yang agak kosong. Tujuannya adalah supaya kuah dan bumbu-bumbu cair lainnya dapat terserap ke dalam tahu lebih cepat.
Dodol Garut
Hasil gambar untuk dodol garut
Cemilan khas Sunda ini mempunyai banyak jenis mulai dari dodol nanas, dodol, dodol wijen, dan dodol kacang. Yang membedakan Dodol Garut adalah tekstur dan kelegitannya
Kalian suka yang mana? 
THANK YOU 
HAVE A NICE DAY 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Enak

Makanan Luar Negeri Yang Terkenal

Makanan Khas Lombok Yang Paling Menggoda Selera