Makanan Khas Lombok Yang Paling Menggoda Selera

Siapa yang udah pernah ke Lombol? Kalau sudah apakah kalian udah pernah menyicipi makanan khas lombok yang paling menggoda selera, kalo belum yuk simak makanan apa aja yang paling mengoda selera khas lombok

Sate Bulayak

Hasil gambar untuk sate bulayak

Keunikan sate Bulayak karena lontongnya dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

Satenya menggunakan daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas suku Sasak. Kearifan lokal sate Bulayak ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu. Jadi, pastikan kalian sudah mencuci tangan ya.

Nasi Balap Puyung 

Hasil gambar untuk nasi balap puyung

Sekali mencoba rasanya kalian akan ketagihan untuk mencoba dan mencobanya lagi. Itulah nasi balap puyung. Sekali lagi sensai pedasnya yang menjadikan selera makan bertambah dan ingin nambah. Dengan topping ayam suwir, dipadukan dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon dan lauk belut menjadikan paket nasi balap puyung ini juara. Waduh sampe ngiler deh dibuatnya. Air liur kalian bakal bercucuran mengingatnya.

Plecing Kangkung

Hasil gambar untuk plecing kangkung
Siapa yang belum tahu plecing kangkung? Makanan khas Lombok ini berupa olahan tanaman air ini begitu populer di setiap rumah makan di Lombok. Rasanya belum ke Lombok jika belum makan kuliner Lombok yang satu ini.
Memang tampilannya sederhana, namun rasarnya luar biasa. Paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya begitu menggetarkan lidah. Setiap orang yang memakannya pasti menangis nikmat karena sensai pedasnya.
Ayam Taliwang
Hasil gambar untuk ayam taliwang
Ayam Taliwang sudah pasti makanan khas Lombok yang paling populer. Cobalah ayam Taliwang bakar. Wuiih rasanya pedas maknyus banget. Selain bisa dibakar, ayam Taliwang juga bisa disajikan dengan cara digoreng.
Bebalung
Hasil gambar untuk bebalung
Makanan Khas Lombok yang bernama Bebalung, dalam bahasa Sasak berarti "tenaga". Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang di campur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memilik khas tersendiri.
Ini merupakan makanan khas Lombok yang wajib dicoba untuk traveller yang berkunjung ke Pulau Lombok. Rasa kuahnya sungguh berbeda, di karenakan terdapat bumbu spesial ala Bebalung yang tidak dapat dijumpai pada makanan khas lainnya.

Nasi Sukaraja
Hasil gambar untuk nasi sukaraja
Nasi sukaraja adalah nasi campur yang hanya bisa ditemukan di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Satu porsi nasi campur terdiri dari berbagai macam lauk yang bisa anda pilih. Menu khas suku sasak yang membedakan adalah campuran olah-olah. 

Kalian suka yang mana nihh?

THANK YOU 
HAVE A NICE DAY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Enak

Makanan Luar Negeri Yang Terkenal