Makanan Khas Manado

Manado adalah salah satu kota yang mendapat julukan surga kuliner. Alasan Manado disebut sebagai surga kuliner tak lain karena banyak ditemukan makanan khas Manado yang eksotik dengan rasa pedas bumbu yang menggoda selera. Ada banyak jenis hidangan yang dimiliki oleh Manado, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Mau tau yuk simak 

Ayam Tuturaga

Hasil gambar untuk ayam tuturaga

Ayam memang bisa diolah menjadi beragam bentuk sajian lezat. Di Manado, selain ada ayam isi buluh yang tersohor juga terdapat sajian berbahan dasar ayam lain. Nama makanan tersebut adalah ayam tuturaga. Ayam tuturaga adalah makanan khas Manado yang menyajikan ayam bersama kuah santan. Dari tampilannya ayam tuturaga mirip dengan opor ayam tapi warna ayam tuturaga merah, bukan kuning pucat seperti pada opor.

Rica Roa

Hasil gambar untuk RICA ROA

Apabila masyarakat sudah bosan dengan sambal rica-rica, maka Manado menyediakan alternatif lain yang tak kalah sedap dengan sambal rica-rica. Apa itu? Rica roa. Rica roa juga termasuk sambal khas Manado yang dibuat dari bahan utama berupa ikan. Sesuai namanya, ikan yang dipilih adalah ikan roa. Ikan roa sendiri merpakan ikan berbentuk pipih yang warnanya perak keabu-abuan.

Klappertaart

Hasil gambar untuk klappertaart manado

Kue khas Manado satu ini terdengar seperti bukan berasal dari Indonesia, bukan? Memang, klappertaart adalah kue yang kehadirannya dipengaruhi oleh masa kependudukan Belanda di Manado zaman dulu. Klappertarrt dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, susu, kelapa, mentega, dan telur. Ada beberapa cara memasak klappertaart, bisa dengan dipanggang dan tidak dipanggang.

Panada

Hasil gambar untuk PANADA

Selain klappertaart, Manado juga masih mempunyai kue khas lain bernama panada. Dilihat dari bentuknya, sekilas panada mirip dengan kue pastel, terutama pada bagian pinggirannya yang seakan bergerigi. Tapi jika dipegang, panada mempunyai perbedaan dari pastel yang terletak pada bagian kulit dan isian. Kalau pastel mempunyai kulit yang terbuat dari bahan pastry, kulit panada dibuat dari bahan yang mirip dengan roti sehingga tampilannya lebih halus.

Mie Cakalang

Hasil gambar untuk MIE CAKALANG

Mie adalah panganan yang bisa ditemukan di banyak negara, tak terkecuali Indonesia yang mempunyai aneka jenis sajian berupa mie. Di antara jenis mie yang terkenal, ada satu yang mungkin jarang orang ketahui, yakni mie cakalang asal Manado. Seperti namanya, mie khas Manado ini menyajikan mie bersama ikan cakalang. Apabila kamu belum pernah mencobanya, maka jangan sampai mengabaikan makanan khas Manado ini ketika mengunjungi Manado.

Kue Gulung

 Gambar terkait

Camilan khas Manado berupa kue yang tak kalah terkenal dengan klappertaart, panada, halua kenari, dan binyolos adalah kue gulung. Kue gulung mempunyai tampilan dan bentuk yang sangat mirip dengan kue semprong dari Karawang. Kue gulung berasal dari kepulauan Sangihe dan Talaud yang mempunyai cita rasa lezat, gurih, dan renyah ketika digigit. Panganan ini terbuat dari bahan dasar berupa sagu.

Kalian suka yang mana?

THANK YOU 

HAVE A NICE DAY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Jawa Yang Terkenal Enak

Makanan Luar Negeri Yang Terkenal

Makanan Khas Lombok Yang Paling Menggoda Selera